Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan

Profil

Terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT No. 037/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XI/2011). Tujuan program studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan adalah untuk menghasilkan sumberdaya manusia perikanan yang terampil dan tangguh, memiliki kompetensi pengolah hasil perikanan dan pembina mutu hasil perikanan yang berstandar internasional berdasarkan konsepsi Hazard Analytical Critical Control Point (HACCP), serta memiliki jiwa wirausaha.

  • Ketua           : Anita T. Aristawati, S.Pi
  • Sekretaris    : Wendy A.Tanod, S.Kel, M.Si

Sistem Perkuliahan

Sistem pengajaran untuk program studi Teknologi Hasil Perikanan dilaksanakan dengan 6 (enam) semester yang meliputi kuliah, praktikum dan studi pustaka, serta 2 (dua) semester untuk praktek magang, kuliah kerja nyata dan penelitian (Proposal & Skripsi).

Sistem pengajaran untuk program studi Teknologi Penangkapan Ikan dilaksanakan dengan 5 (lima) semester yang meliputi kuliah dan praktikum, dan 1 (satu) semester untuk studi pustaka dan Praktek Kerja Tugas Akhir (PKTA).

Kegiatan Praktikum

Untuk mendukung kompetensi mahasiswa, Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Palu wajib melaksanakan praktikum mata kuliah. Kegiatan praktikum dilakukan di dalam Laboratorium dan Lapangan.

Praktikum laboratorium yang dilakukan dalam bidang pengujian mutu kimia produk perikanan, mutu mikrobiologi produk perikanan, dan pengolahan hasil perikanan.

Praktikum lapangan yang dilakukan dalam bidang ekologi dan pencemaran perairan, oseanografi dan meteorologi, teknik penangkapan ikan, sistem navigasi, menjangka peta, olah gerak kapal dan mempelajari stabilitas kapal perikanan.